Minggu, 14 Oktober 2007

Bermodal Suara Mulut, Kursor Komputer Bisa Diarahkan

Jakarta - Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Universitas Washington berhasil menemukan sebuah alat bernama Vocal Joystick. Alat ini mampu mendeteksi suara 100 kali per detik, untuk menggerakan kursor pada layar komputer.

Dengan teknologi ini, suara manusia tidak lagi sekadar untuk berkomunikasi atau bergosip dengan sesamanya, tapi juga untuk mengatur kendali atas komputer. Bagaimana caranya?

Perintah suara seperti :'ah', 'ee', 'aw', 'o' serta suara lainnya melalui alat ini akan menggerakkan kursor dalam delapan arah gerakan berbeda. Cepat lambatnya gerakan kursor tergantung kuat atau lemahnya perintah suara yang diberikan. Sementara suara 'k' dan 'ch' dipakai untuk melakukan gerakan mengklik mouse. Demikian seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Minggu (14/10/2007).

"Banyak orang yang lebih suka menggunakan suara daripada menggunakan tangan dan lengan mereka," ujar Jeffrey Bilmes, seorang profesor di Universitas Washington tentang temuan ini.

Vocal Joystick ini diklaim akan mudah digunakan karena hanya membutuhkan piranti tambahan berupa mikrofon, sebuah komputer dengan sound card standar, dan tentu saja suara manusia penggunannya.

Penelitian Vocal Joystick ini direncanakan akan terus dikembangkan sehingga akan bisa diadopsi manusia dalam skala besar. Nantinya, penelitian ini akan dilanjutkan dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek suara manusia yakni pengulangan kata, vibrasi ataupun tingkat kesengauan suara, sehingga nantinya Vocal Joystick akan makin sempurna.

Tidak ada komentar: