Minggu, 14 Oktober 2007

Avatar Dunia Maya Bantu Kesembuhan Penderita Lumpuh

Tokyo - Jepang memang gudangnya teknologi. Kini, situs dunia maya Second Life pun diharapkan oleh para peneliti di sana bisa membantu kesembuhan para penderita kelumpuhan.

Para peneliti sebelumnya telah berhasil meneliti bahwa orang dapat memindahkan kursor komputer memakai gelombang otak. Kini para peneliti dari Universitas Keio, Jepang mengklaim bahwa teknologi ini dapat diaplikasikan untuk membantu proses rehabilitasi para penderita lumpuh.

Caranya yakni dengan memanfaatkan karakter virtual yang disebut Avatar di situs dunia virtual Second Life. Melalui aktivitas karakter virtual mereka di Second Life ini, diharapkan dapat memotivasi pasien lumpuh yang sering enggan menjalani rehabilitasi.

"Jika mereka melihat karakter mereka bergerak, ini dapat memicu aktivitas otak dan mengembalikan beberapa fungsi gerak sebenarnya," ungkap Junichi Ushiba, profesor di pusat rehabilitasi Keio yang mengembangkan teknologi ini seperti dikutip detikINET dari AFP, Senin (15/10/2007).

Sistem kerja teknologi ini adalah, di kepala penderita lumpuh dipasangkan sebuah alat dengan elektroda yang dapat menganalisa gelombang otak, sehingga dapat menggerakkan karakter dalam Second Life sesuai apa yang dia pikirkan. Penderita kelumpuhan tinggal membayangkan gerakan karakter dan hal ini menyebabkan karakter virtual mereka dalam Second Life bergerak sesuai keinginan.

Hingga kini, tim peneliti masih terus berusaha mengembangkan penelitian guna membantu para penderita lumpuh agar dapat kembali beraktivitas secara normal.

Selain teknologi itu, tim peneliti dari Universitas Keio ini juga telah mendesain sebuah lengan buatan yang bisa beroperasi dengan membaca gelombang otak itu. Belum jelas kapan 'lengan' tersebut akan dikomersialkan bagi mereka yang membutuhkan

Tidak ada komentar: